Breaking News

Waspada, Klaten Temukan Dua Kasus Covid-19 Bersumber dari Kudus


Kabupaten Klaten_Patroli88investigasi.com--Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mewanti- wanti masyarakat lebih disiplin dalam menerangkap protokol kesehatan. Hal itu disampaikan menyusul sudah adanya temuan dua kasus Covid-19 yang diduga bersumber dari Kabupaten Kudus. 

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19, Ronny Roekmito mengatakan dua temuan kasus Covid-19 yang diduga bersumber dari Kudus itu ada di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah dan Desa Tijayan, Kecamatan Manisrenggo. Saat ini, seluruh camat diminta waspada. 

Hari ini teman- teman camat sudah saya ingatkan. Karena ada dua desa penularan dari Kudus yakni Tijayan dan Buntalan. Itu mereka dari Kudus, jadi dianggap penularan, ujarnya, Jumat (11/06/2021).

Kasus Covid-19 yang bersumber dari Kudus pertama ditemukan di Desa Tijayan. Di desa itu awalnya ada seorang warga yang berkunjung ke Kudus. Setelah itu yang bersangkutan pulang dan mengeluh sakit. Hasil dari swab ternyata terkonfirmasi positif Covid-19. 

Yang di Tijayan itu kan jelas akibatnya seperti itu. Habis dari Kudus, lalu positif dan meluas. Karena memang sempat ada kegiatan halal bihalal dan kegiatan lain pasca Lebaran, jelasnya. 

Sedangkan yang di Buntalan, lanjut Ronny, saat ini masih dalam tahap tracing. Awalnya ada yang reaktif dari hasil rapid test antigen, kemudian ditindalanjuti dengan swab PCR dan hasilnya positif Covid-19. Sedangkan untuk hasil tracing untuk sementara ada lima orang.

Pihaknya mengungkapkan, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Klaten mulai naik sejak beberapa hari terakhir. Dari hasil analisa, lonjakan kasus itu dipicu oleh kontak erat dan transmisi lokal. Salah satu penyumbang kasus terbesar adalah klaster keluarga.

Jadi yang perlu kita tekankan sekarang adalah sekali lagi yakni disiplin. Memang disiplin dalam protokol kesehatan ini sangat berpengaruh. Ini yang harus kita tingkatkan lagi, pungkasnya.

Sementara itu, Camat Klaten Tengah, Sofan mengungkapkan salah satu warganya yang diduga terpapar Covid-19 dari Kudus itu sebelumnya memamg ada pekerjaan di Kudus. Setelah itu yang bersangkutan swab mandiri dan ternayta hasilnya positif Covid-19. 

Yang dari Kudus itu sudah beberapa hari lalu. Tapi ini ada keluarganya yang dirawat di RS Yogyakarta. Nah sekarang kita masih tracing, kata Sofan.( Muhammad Riyadi)

Tidak ada komentar