Breaking News

Sosialisasi Desa Tangguh Bencana "DESTANA" di desa Gebang ilir Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon




Cirebon,patroli88investigasi.com_Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon  mengelar kegiatan  Sosisalisasi Potensi Bencana Alam menuju Desa Tangguh Bencana, yang di adakan di Desa Gebang ilir pada tanggal 07 -11 Juni 2021.

Kegiatan ini merupakan upaya mitigasi dalam penanggulangan bencana dengan harapan masyarakat Desa Gebang mengetahui  ancaman bencana yang ada di desanya, selain itu memberikan edukasi agar masyarakat  lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana baik pra bencana, tanggap darurat, maupun pasca bencana sehingga dapat mengurangi adanya korban jiwa.

Acara ini dihadiri oleh Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Cirebon, Kepala Desa Gebang ilir, BPD, LPMD, Perangkat Desa, PKK, karang taruna dan perwakilan masyarakat Desa Gebang ilir.

Sosialisasi dan Simulasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon dilaksanakan di balai desa Gebang ilir yang di mulai pada tanggal 07 Juni sampai dengan 11 Juni 2021.

Indonesia merupakan negeri dengan potensi bencana alam sangat tinggi khususnya untuk bencana gempa bumi, letusan gunung berapi, dan Tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng/kerak bumi aktif.

Guna mengurangi dampak bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon melakukan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana serta penanggulangannya di Balai Desa Gebang ilir.

Perubahan paradigma dari tanggap darurat menjadi siaga bencana, bahwa bencana tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus diterima begitu saja. Tetapi, juga bisa diantisipasi kejadian bencana, korban dan diminimalisir dampaknya.

Edukasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana diharapkan dengan sosialisasi ini para peserta dapat menambah pengetahuannya dibidang bencana dan selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi, ungkap Kuwu Gebang ilir H.Selamet. (Agus Mulyanto)

Tidak ada komentar