Breaking News

Memiliki Aset Miliaran, Kades Katunjung Diduga Korupsi DD dan ADD


PALANGKARAYA,Patroli88investigasi.com– Lantaran memiliki kekayaan (Aset) miliran rupiah, oknum Kepala Desa Katunjung, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, berinisial AR diduga korupsi  dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), untuk memperkaya diri.

Pasalnya, sebelum menjabat Kepala Desa, menurut warga, AR tidak memiliki apa-apa. Bahkan tinggal pun menumpang dirumah Mertua. Namun, setelah menjabat Kepala Desa selama  hampir 2 (dua) periode, AR memiliki aset,  seperti 4  buah Sarang Walet, Rumah besar dan tanah dimana-mana, yang diduga  dari hasil korupsi.

Warga menduga perbuatan korupsi  yang dilakukan oleh, AR diantaranya adalah terhadap Dana Desa (DD) tahun 2017,2018 dan 2019 yang dianggarkan untuk pembangunan Dermaga Desa masing-masing pertahun sebasar Rp 200. Karena bangunan 3 buah Dermaga Desa tersebut, per-buahnya diperkirakan hanya menelan dana paling banyak sebesar Rp 100 juta. Sebab dibangun menggunakan bahan kayu Rasak dan kayu Kahui, yang dibeli seharga Rp 2,7 juta per-meterkubik, sedangkan di Rancana Anggaran Biaya (RAB)nya dianggarkan seharga Rp 6 juta, per-meterkubik.

Selain itu, warga juga menuding, AR telah memalsukan tanda tangan Ketua BPD, pada saat membuat surat hibah tanah milik pribadinya untuk membangun Gudang Desa. Bahkan menurut warga Depot Air Minum yang dibangun diatas tanah milik pribadinya sampai saat ini tidak pernah dimanfaatkan.

Terkait hal tersebut, medya insvestegasi .com melalui surat nomor : 110/HJP-KT/V/2021, tanggal 17 Mei 2021 yang  disampaikan melalui Camat Mantangai, telah meminta AR untuk memberikan penjelasan/klarifikasi. Namun hingga berita diturunkan surat tersebut tidak ditanggapi. Team insvestegasi lapangan (IRWA/Mulus/Moh Asep)

Tidak ada komentar