Breaking News

Kuwu WASMINTA membenarkan adanya bantuan Program PAMSIMAS di desa CIUYAH Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon


Cirebon,Patroli88investigasi.com_Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

PAMSIMAS bertujuan untuk meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dan meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Dimasa Pandemi ini, kegiatan Pamsimas selain pembangunan sarana prasarana air minum, diharapkan juga dapat digunakan untuk pembangunan sarana CTPS di tempat umum. (Balaidesa, puskesmas, posyandu dll).

Kuwu Ciuyah WASMINTA mengatakan adanya pembangunan Program Nasional Penyediaan Air Minum (PAMSIMAS) di desa-desa. Dengan ini masyarakat desa bisa mendapatkan kualitas air yang bersih. Ia kemudian menjelaskan pembangunan PAMSIMAS adalah produksi sanitasi air yang dibiayai oleh negara melalui penerimaan perpajakan, di masa Pandemi ini, kegiatan Pamsimas selain pembangunan sarana prasarana air minum, diharapkan juga dapat digunakan untuk pembangunan sarana CTPS di tempat umum. (Balaidesa, puskesmas, posyandu dll).

“Saya senang sekali melihat PAMSIMAS yang sedang dibangun. Saya senang sekali sekarang masyarakat Ciuyah bisa mendapatkan air yang bagus. Ini adalah produksi sanitasi air yang dibiayai oleh negara

Lebih lanjut Kuwu WASMINTA menyampaikan, dalam pelaksanaan program Pamsimas masyarakat ditempatkan sebagai pelaku utama kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan bahkan pengelolaan sarana pasca kegiatan, sehingga memberikan hasil yang sangat baik. Hal tersebut tentu tidak lepas dari kerja sama atau kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, pemerintah desa, dan masyarakat, serta tak bisa dilupakan peran para pendamping atau fasilitator yang dengan sabar mendampingi masyarakat dalam setiap tahapan kegiatan program Pamsimas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, masyarakat, dan para pendamping atas terlaksananya program Pamsimas III di desa CIUYAH Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon yang berjalan dengan baik,” tambah Kuwu WASMINTA.

Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  (Pamsimas) merupakan program nasional yang dipelihara oleh perwakilan masyarakat, maka dibentuklah struktur organisasi Kelompok Keswadayaan Masyrakat (KKM) TIRTA SARI, Desa Ciuyah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon adalah salah satu desa yang mendapatkan bantuan Pamsimas tahun 2021 dari alokasi anggaran APBN dengan pagu anggaran Rp.245.000.000, incash Rp.12.250.000, inkind Rp.49.000.000

Pelaksanaan kegiatan di laksanakan oleh KKM "TIRTA SARI" dengan Kordinator KKM Ahmad Jaeni adapun Ketua Satuan pelaksana Muhtadi dan sebagai Bendahara Alamsyah, masyarakat menyambut baik dilaksanakannya Pamsimas ini dan akan mendukung pelaksanaan kegiatan di lapangan Protokol kesehatan covid 19 harus diterapkan dengan ketat untuk mencegah penularan Covid 19. 

Untuk kegiatan PAMSIMAS itu sendiri terdiri dari pembangunan Tower induk, pengeboran 1 titik, penyaluran pipanisasi ke masyarakat 1500 M, pembuatan TCT 1 unit di balai desa, dan untuk penyaluran ke masyarakat kami menargetkan dengan mencakup 1 Dusun Ujar Kordinator KKM TIRTA SARI Ahmad Jaeni ,ujar nya kepada awak media ini. (Agus Mulyanto)

Tidak ada komentar