Breaking News

Desa Waled Asem telah melaksanakan PPKM MIKRO sesuai aturan yang berlaku


Cirebon,patroli88investigasi.com_Di tengah pelaksanaan kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, Kemendes mengintensifkan kembali program penanganan COVID-19 di tingkat desa dengan mengeluarkan Instruksi Mendes PDTT Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan COVID-19 Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19, serta penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Dalam Inmendes Nomor 1 Tahun 2021 itu Mendes mengizinkan penggunaan Dana Desa untuk mendukung PPKM Skala Mikro di tingkat desa. Tetapi, terkait persentase dana yang boleh dikeluarkan, Kuwu YANTO mengatakan bahwa Dana Desa boleh digunakan sesuai kebutuhan dan sesuai kewenangan desa.

Hal ini di lakukan juga oleh desa Waled Asem Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon misalnya untuk ruang isolasi. Kemarin sudah ada, tinggal menghidupkan kembali. Nah, berapa untuk anggaran operasionalnya? Tergantung warga yang dirawat di ruang isolasi. Makin banyak warga yang diisolasi, semakin banyak Dana Desa yang dikeluarkan. Jadi tidak ada batasan berapa persen," katanya.

Terkait penggunaannya, Dana Desa yang diperbolehkan untuk mendukung PPKM skala mikro itu bisa digunakan untuk penyediaan sarana cuci tangan, pengadaan masker, ruang isolasi, dan kebutuhan lain untuk mendukung penerapan protokol kesehatan di tingkat desa.

" Pokoknya bisa untuk semua urusan penanganan COVID-19 dan urusan pemulihan ekonomi nasional. Yang penting levelnya level desa," kata Kuwu Waled Asem YANTO 

Terkait Posko Penanganan COVID-19 di tingkat desa, Pemdes Waled Asem telah membentuk Posko Penanganan COVID-19 di setiap Dusun untuk membantu penanganan COVID-19 di desa Waled Asem

Posko-posko tersebut, kata Kuwu Yanto, pada dasarnya telah terbentuk sejak 2020, tetapi operasionalnya diintensifkan kembali untuk menegakkan pelaksanaan PPKM Skala Mikro di tingkat desa. (Agus Mulyanto)

Tidak ada komentar