Breaking News

Covid-19 Aktif Kini Tembus 552 Kasus, Operasi Yustisi Digencarkan


Kabupaten Klaten--Patroli88investigasi.com-Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten pasca Lebaran naik drastis dibanding hari- hari sebelumnya. Guna menekan penularan dan mengantisipasi terjadinya lonjakan Covid-19, operasi yustisi melibatkan personil gabungan akan kembali digencarkan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Satgas Penanganan Covid-19 Katen per, Rabu (09/06/2021). Jumlah Covid-19 aktif saat ini sudah mencapai 552 kasus. Memasuki pekan ini, bahkan terdapat penambahan 203 kasus Covid-19 dalam kurun waktu tiga hari berturut- turut.

Dari 24 kecamatan di Klaten, paling banyak ada di Manisrenggo dengan 81 kasus positif Covid-19, kemudian disusul Klaten Utara yakni 36 kasus, Karangnongko ada 29 kasus, selanjutnya Jogonalan 27 kasus, kemudian Trucuk serta Jatinom masing- masing terdapat 26 kasus.

Ada peningkatan kasus. Ini memang yang paling tinggi dibandingkan dengan hari- hari terakhir, ujar Kepala Dinas Kesehatan, Cahyono Widodo.

Dari hasil kajian, lanjut Cahyono, peningkatan kasus ini karena kontak erat dan transmisi lokal. Sehingga, menurutnya peningkatan kasus akhir- akhir ini justru dipicu oleh lingkungan sekitar yang menimbulkan klaster keluarga. Misalnya pernah kontak dengan penderita Covid-19. 

Ini yang selalau digaungkan dan diingatkan baik dari pusat sampai daerah, yaitu adalah disiplin protokol kesehatan. Apalagi sekarang kan banyak sekali kegiatan, maka harus diperketat dari diri kita sendiri, imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkab bersama Polres dan Kodim 0723 Klaten telah menggelar rapat koordinasi menyikapi lonjakan Covid-19 pada, Selasa (08/06). Ada beberapa point yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya ledakan kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten kedepannya.

Untuk operasi yustisi ini akan mulai digencarkan lagi. Kemudian yang sedang isolasi mandiri juga harus disiplin, kata Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito.( Kabiro Boyolali Muhammad Riyadi)

Tidak ada komentar