Breaking News

Warga Di 13 Dusun Laksanakan Gotong Royong Pembukaan Lokasi Baru Pemindahan TPI


Klambir Lima---Patroli88investigasi.com--. Warga di 13 Dusun Desa Klambir 5 Kecamatan Hamparan Perak Kab.Deli Serdang, Minggu siang (30/05/2021) mulai pukul 08.00 Wib hingga selesai melaksanakan kegiatan gotongroyong (Gotroy) pembukaan lokasi baru pemindahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Gang Gembira Desa Klambir 5.

Ketiga belas dusun yakni Dusun Kapas 1,2 dan 3, Gg Gembira, Antara, Kamboja, Sidomulyo, Gg Ustad, Pasar 5, Gg.Waru, Pendidikan, Sedar, Al Nawi Nuh.

Yeti Dumasari selaku tokoh masyarakat yang juga bendahara Kelompok Tani Duma Sari Lestari mengatakan, sebagaimana diketahui lokasi TPU Pekuburan muslim yang lama berada di Gang Kamboja Dusun 8 Kelambir lima Kebun Hamparan Perak Deliserdang, sudah padat, tak memungkin lagi bisa dipertahankan.

Mengingat arealnya teramat sempit, sudah penuh dan berada di tengah pemukiman penduduk.

Untuk itulah kelompok tani (Koptan) Duma Sari Lestari berinisiatif memperjuangkan lokasi pemakaman pengganti di areal ex PTPN 2.

Lokasi baru pemindahan pemakaman berada di Kamboja ll atau ujung Gang Gembira tak jauh dari pemakaman yang lama, hanya berjarak sekitar 300 m.

“Sejak tahun 2014 lahan pemukiman pengganti sudah dimohonkan masyarakat Kelambir lima Kebun ke PTPN 2, disaat Kades masih dijabat Suprayogo. Semua Kadus yang bersinggungan dengan pemakaman dipastikan ikut mendukung, seluruhnya membubuhkan tanda tangan di surat permohonan. Ketua DPRD Deliserdang kala itu H. Wagirin Arman juga bermohon ke Direksi PTPN 2 untuk memberikan sebagian lahan ex HGU di Kelambir lima kebun untuk dijadikan pemakaman umum.

Bupati Deliserdang Azhari Tambunan dalam suratnya bernomor  593/542 tertanggal 19 Agustus 2014 yang ditujukan ke Direksi PTPN 2, pada perinsipnya mendukung permohonan warga Desa Kelambir lima. Hanya saja sampai saat ini permohonan lahan pemakaman tak juga ditindak lanjuti” kata Bu Yeti Duma Sari saat diwawancarai.

Menurut Bu Yeti Duma Sari, pihaknya akan meneruskan perjuangan warga, mengingat selama ini ada kefakuman, saat inilah bersama masyarakat kita membuka dan membersihkan lahan pemakaman yang baru. Ada sekitar 2 Ha yang akan kita bersihkan bersama warga, ujarnya.

Diterangkan Bu Yeti, pemindahan makam juga sudah mendapat persetujuan keluarga pemilik makam dan anggota DPRD Deli serdang Adami Sulaiman. Pemindahan makam tentunya sesuai aturan dengan tidak mengkesampingkan ajaran agama islam yang bersifat sakral. Sudah tidak ada lagi masalah, prosedur sudah kita jalankan tinggal kita bergotong royong secara swadaya, semoga pemakaman yang baru sudah dapat dimanfaatkan, jelasnya.

Bu Yetti Duma Sari selaku bendahara atas nama pribadi telah menyumbangkan 10 ribu batu bata, 50 zak semen, 2 dum truck pasir, 1 dum truckbatu koral, dan 20 batang besi.

Bantuan itu nantinya akan digunakan sebagai pagar serta fondansi awal pembangunan pemakaman. Yetti mengaku sumbangsih itu ia lakukan secara ikhlas demi kelancaran untuk kemaslahatan orang banyak.

Harapannya semoga, kegiatan pembukaan lokasi TPU yang baru ini dapat didukung semua pihak dan Pemerintah demi kepentingan umat. (Rizky Zulianda)

Tidak ada komentar