Breaking News

Pemkot Cirebon dan Jabar Bergerak Semangati Lansia yang Akan Divaksin


Cirebon, patroli88investigasi.com – Jadwal vaksinasi terhadap lansia terus dilakukan di berbagai tempat setiap hari. Salah satunya di aula Kecamatan Kesambi. Camat Kesambi, Drs. Buntoro Tirto AP., M.H., mengatakan, pada Sabtu (29/05/2021)  yang bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional.

Tema pada Hari Lanjut Usia Nasional tahun ini yaitu ‘Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga’. Menurut Buntoro, tema tersebut sangat relevan dengan situasi saat ini, yaitu saat para warga lansia sedang mengikuti vaksinasi. “Keluarga memiliki arti penting untuk melindungi para lansia ini dari Covid-19, upaya dalam menyayangi dan membahagiakan lansia ini salah satunya adalah melindungi mereka (lansia) dari Covid-19 dengan cara menyemangati untuk vaksinasi,” ujarnya.

Buntoro pun mengimbau agar anak yang orangtuanya sudah masuk kategori lansia, atau kerabat yang memiliki lansia di rumahnya agar mendaftarkan mereka untuk divaksin. “Tak henti-hentinya saya minta kepada warga agar ada kerabatnya atau orangtuanya yang masuk kategori lansia agar segera mendaftarkan mereka untuk divaksin, jika memang belum terdaftar. Caranya, hubungi kader RT/RW setempat,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan pemberian vaksin pertama untuk lansia di Kecamatan Kesambi, sebanyak 1.757 dosis vaksin telah 100 persen diberikan, sementara untuk vaksinasi kedua lansia baru terealisasi 40 persen dari total 1.689 dosis vaksin. Menurut Buntoro, pihaknya terus memberikan sosialisasi agar sasaran lansia bisa 100 persen divaksin. “Kita juga minta bantuan kader RT/RW  agar mensosialisasikan vaksinasi kepada lansia sehingga bisa dihimpun datanya dan dijadwalkan vaksinasinya. Kedepannya, untuk lansia yg sudah dihimpun dalam satu kelompok dengan jumlah lebih dari 50 orang kita akan buka layanan di tempat untuk memudahkan mereka,” ujarnya.

Tim Jabar Bergerak Kota Cirebon juga turut memberikan semangat kepada warga lanjut usia di Kecamatan Kesambi saat mengikuti vaksinasi Covid-19, Jumat, 28 Mei 2021. Ketua Jabar Bergerak Kota Cirebon Hj. NR Madyawati, S.H., memberikan bingkisan langsung kepada para lansia yang sedang antre untuk mengikuti vaksinasi di Aula Kecamatan Kesambi.

“Kita ingin memberikan semangat kepada warga lansia yang divaksin ini, kami juga mengucapkan terimakasih kepada mereka (lansia) karena rela antre untuk divaksin, semoga kita semua terhindar dari segala penyakit, khususnya Covid-19,” tuturnya.

Apalagi, menurutnya, pada Sabtu, 29 Mei 2021 merupakan Hari Lanjut Usia Nasional, sehingga pihaknya memberikan apresiasi terhadap warga lansia ini. “Bingkisan ini diberikan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh tiap tanggal 29 Mei atau besok,” ujar Madya. (Rio)

Tidak ada komentar