Breaking News

Pembangunan Terminal Penumpang Rampung, Bandara Soedirman Wirasaba Purbalingga Siap Operasional 1 Juni


PURBALINGGA - PT Angkasa Pura (AP) II optimistis Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJB) bisa operasional dan melaksanakan penerbangan perdana (first flight) pada 1 Juni mendatang. Saat ini pembangunan sarana pendukung seperti terminal penumpang sudah selesai. Tinggal melakukan penyelesaian pemasangan paving dan pagar keliling.

“Kita masih optimis tanggal 1 Juni 2021 Bandara Soedirman bisa beroperasi. Sesuai rapat semalam secara administrasi dan dokumen semua sudah siap. Termasuk sarana dan prasarana komunikasi.Tinggal ini menunggu kesiapan di lapangan mulai dari pembangunan terminal penumpang hingga pavingisasi dan pemasangan pagar. Pavingisasi direncanakan selesai akhir Mei,” kata Executive General Manager Bandara Soedirman, Catur Sudarmono, Selasa (18/5/2021).

Catur mengungkapkan hal itu saat mendampingi Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan Wabup Sudono serta Danlanud Jenderal Besar Soedirman Letkol Nav Marino Adam Darmawan meninjau pembangunan terminal penumpang di bandara tersebut.

Catur menyampaikan saat ini pemasangan paving sedang dilaksanakan di lokasi terminal penumpang. Paving yang digunakan adalah paving khusus sehingga perlu waktu untuk pemesanan dan pemasangan.

“Namun secara prinsip semua sudah siap. Penerbangan perdana bisa dilaksanakan 1 Juni mendatang,” tandasnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) meninjau pembangunan terminal penumpang di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS), Selasa (18/5/2021).

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyampaikan pembangunan terminal penumpang sudah 100 persen selesai. Tinggal pelaksanaan pembangunan pagar serta paving. Dia optimistis bahwa pemasangan paving dan pagar bisa selesai akhir Mei.

“ Sesuai harapan kami operasional bandara bisa dilaksanakan 1 Juni mendatang,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Danlanud Letkol Nav Marino Adam Darmawan. Pihaknya siap memberikan dukungan penuh untuk pengoperasian Bandara Soedirman pada 1 Juni mendatang. Secara prinsip semuanya siap. Pihaknya siap memberikan dukungan penuh jika bandara yang berada di kompleks Lanud TNI AU Jenderal Besar Sodirman di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja tersebut segera dioperasikan.

Seperti diberitakan, setelah batal beroperasi saat musim mudik Lebaran tahun ini, Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga direncanakan akan mulai beroperasi 1 Juni 2021. Informasi tersebut telah disampaikan PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara tersebut melalui surat bernomor 12.03/00/05/2021/3728 tertanggal 4 Mei 2021 kepada Bupati Purbalingga.(Ari.W)

Tidak ada komentar