Breaking News

KKM TIRTA SEJAHTERA merealisasikan program PAMSIMAS di desa GUNUNGSARI Kecamatan WALED Kabupaten Cirebon




Cirebon,Patroli88investigasi.com_PAMSIMAS bertujuan untuk meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sani-tasi yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dan meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat

Air minum merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah sebagaimana tertuang dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM). Wabah pandemi Covid 19 tak menyurutkan langkah Pemerintah untuk menyediakan akses dasar air minum. Terbukti dengan terus melajunya Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III di Kabupaten Cirebon, baik yang dianggarkan oleh Pusat maupun oleh daerah.  sasaran Pamsimas Reguler 2021 bisa bernafas lega, karena alokasi anggaran tetap dipertahankan.

Ketersediaan air minum dan air bersih merupakan factor penting dalam upaya pencegahan covid 19. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat sangat bergantung pada kualitas air minum dan juga sanitasi yang diwujudkan dalam sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).  Pamsimas hadir untuk memenuhi kedua hal tersebut. CTPS bukan hanya di sekolah-sekolah, tetapi wajib diselenggarakan di tempat umum bahkan di setiap rumah penduduk.

Pamsimas ini berbasisnya air minum dan kesehatan maka dalam hal kegiatan juga akan melibatkat Dumas terkait seperti dinas kesehatan, nantinya dapat menjelaskan yang kaitanya dengan sejauh mana penularan penyakit dan bakteri  melalui air dan cara penanggulangganya.

Ketua KKM TIRTA SEJAHTERA Kriswanto mengatakan, ” Pamsimas merupakan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat maka sudah jelas bahwa mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai pengelolaaan harus melibatkan masyarakat, sehingga dalam prosesnya akan sering adanya pertemuan yang mengundang atau melibatkan masyarakat dalam kegiatan pamsimas ini terangnya.

Dalam program Pamsimas KKM di SK kan oleh Kepala Desa dan di catatkan oleh Notaris, Dalam program Pamsimas KKM di  desa jembatan kembar timur ini pembentukan KKM membentuk Satlak Pamsimas sebagai pelaksana program di masyarakat.

Untuk itu dengan semangat kebersamaan serta antusias yang tinggi ditunjukan oleh masyarakat Desa Gunungsari ini saya berharap semoga frogram ini berjalan dengan lancar dan kita tetap saling mendukung harap Kriswanto

Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon adalah salah satu desa yang mendapatkan bantuan Pamsimas tahun 2021 dari alokasi anggaran APBD dengan pagu anggaran Rp.245.000.000, incash Rp.14.000.000, inkind Rp.56.000.000 dan untuk APBDes Rp.50.000.000, total Jumlah Pagu Anggaran PAMSIMAS Desa Gunungsari Rp.365.000000

Pelaksanaan kegiatan di laksanakan oleh KKM "TIRTA SEJAHTERA" dengan Kordinator KKM  KRISWANTO dan Ketua Satuan pelaksana WAHYONO masyarakat menyambut baik dilaksanakannya Pamsimas ini, dan bersiap melaksanakan kegiatan di lapangan. Protokol kesehatan covid 19 harus diterapkan dengan ketat, untuk mencegah penularan Covid 19. 

Dan untuk kegiatan PAMSIMAS itu sendiri terdiri dari pembangunan Tower induk, pembangunan jaringan induk 1 KM, pembuatan TCT 3 unit untuk di sekolah 1 unit di balai desa , 1 unit di masjid dan 1 lagi di Polindes, pembuatan 1 jamban untuk sekolah, dan untuk penyaluran ke masyarakat kami menargetkan1000 KK. Ujar Kordinator KKM Kriswanto.

Sementara itu di tempat yang sama Pj Kuwu Gunungsari  Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon Moh.Arfit berharap dengan di bangun nya PAMSIMAS agar masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan air bersih dan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal khususnya pengunaan air bersih, karena masyarakat desa Gunungsari ini masih banyak yang menggunakan air sumur, dengan terpenuhi nya masyarakat untuk air bersih maka otomatis masyarakat akan menjadi sehat " tutur Pj Kuwu Moh.Arfit.     (Agus Mulyanto)

Tidak ada komentar