Breaking News

Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon mendapatkan Bantuan DAK SANIMAS tahun 2021




Cirrbon,Patroli88investigasi.com_Program SANIMAS merupakan bentuk inisiatif untuk penyediaan prasarana dan sarana air limbah tanggap kebutuhan. fokus kegiatan SANIMAS adalah penananganan air limbah domestik rumah tangga.

Mulai pelaksanaan Sanitasi Berbasis Masyarakat ini masyarakat memilih sendiri prasarana dan sarana air limbah domestik sesuai kebutuhannya, mulai dari membangun kelompok swadaya masyarakat (KSM), menyusun rencana kerja masyarakat (RKM) melaksanakan pembangunan fisik serta membentuk kelompok Pemanfaat dan pemiliharaan(KPP) untuk melaksankan pengelolaan kegiatan operasi dan pemiliharaan.

Tujuan yang hendak Diwujudkan dalam penyelenggara Program SANIMAS adalah :

meningkatkan komitmen Pemerintah daerah dalam penyelenggara sanitasi ;

Meningkatkan perluasan akses sanitasi dengan menyediakan prasarana dan sarana sanitasi yang berkualitas, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan;

menyediakan prasarana dan sarana air limbah domestik yang berkualitas, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kebutuhan meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan

Tahun 2021 ini Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon mendapatakan program SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat) 

Tujuan Program SANIMAS ini adalah untuk meningkatkan sarana akses sanitasi yang lebih luas, guna meningkatkan akses kebersihan serta kesehatan lingkungan, sarana jamban dan penanggulangan pencemaran sumber air tanah.

Nantinya program ini akan di laksanakan organisasi Pelaksana Tingkat Masyarakat yaitu  KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) juga KPP (Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara) yang dibentuk melalui forum Rembug  Warga.

semoga program Sanitasi Berbasis Masyarakat  ini dapat memberikan manfaat dan benar-benar dapat meningkatkan perilaku hidup bersih warga Desa Gunungsari ini.

Alhamdulillah, Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) di Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon telah kami laksanakan, ungkap Ketua KSM SEJAHTERA Sopyan

Sanimas dilaksanakan dengan pola swakelola yang sepenuhnya didanai melalui APBN 2021 di Kementerian PUPR. dengan sasaran target 100 Kepala Keluarga Nilainya Rp.7000 juta/titik/Kepala Keluarga dengan program ini, Saya berharap kebersihan dan pola hidup masyarakat Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon dapat dilakukan dengam baik, terutama terkait dengan pengelolaan limbah manusia yang kerap dibuang ke Sungai dan terkesan asal ada, pungkas Sopyan Ketua KSM SEJAHTERA di ahir perbincangan dengan awak media ini. (Agus Mulyanto)

Tidak ada komentar