Breaking News

Babinsa Sosialisasikan Pendaftaran Komcad di Wilayah




PURBALINGGA –patroli88investigasi.com Dalam rangka menjaring minat generasi muda untuk  mengikuti program dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia melalui pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad), Babinsa turun langsung sosialisasikan pendaftaran Komcad di wilayah binaannya.

Salah satunya Serma Heri Imam, Babinsa Koramil 07/Kejobong untuk Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga,  yang langsung sambangi dan bina langsung para pemuda yang ada di desa binaannya, (27/5/2021).

"Kita sosialisasikan adanya pendaftaran Komcad langsung kepada para pemuda sekaligus kita membina dan mengarahkannya," katanya

Lebih lanjut diungkapkan Serma Heri Imam, adanya pendaftaran ini merupakan kesempatan bagus kepada generasi muda untuk turut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Komponen ini nantinya akan memperkuat komponen utama pertahanan jika negara berada dalam keadaan bahaya atau darurat, hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1 tentang upaya bela negara," ungkapnya.

Serma Heri juga menuturkan gambaran  teknis pelaksanaan pendaftaran Komcad

"Pendaftaran dibuka tanggal 17 sampai 31 Mei 2021 secara online melalui Website resmi Kemenhan http://komcad.kemhan.go.id dan untuk wilayah Korem 071/Wijayakusuma pemeriksaan berkas fisik  dilaksanakan di Ajenrem 071/Wijayakusuma tanggal 1 sampai 6 Juni 2021. Pendaftaran Komcad gratis tidak dipungut biaya dan bagi yang memenuhi syarat akan mengikuti pendidikan dasar militer selama 3 bulan kemudian setelah itu nantinya anggota Komcad akan mendapatkan beberapa haknya seperti  uang saku maupun tunjangan lainnya," paparnya.

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han saat dikonfirmasi membenarkan adanya program pendaftaran Komcad ini.

"Benar telah dibuka pendaftaran Komcad, diharapkan para pemuda yang memenuhi syarat untuk dapat mendaftarkan diri karena alokasi penerimaan juga termasuk banyak ditahap ini yaitu 2500 orang," tegasnya

(Satria/ari w/Moh asep)

Tidak ada komentar