Breaking News

Polres Ciamis Menggelar Apel Kebangsaan Dalam Rangka Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Untuk Menjaga NKRI




Ciamis - patroli88investigasi.com_Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar menggelar Apel Kebangsaan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apel ini digelar di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis Jalan Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (29 April 2021).

Apel tersebut diikuti oleh para tokoh, yakni tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh budaya dan perwakilan Ormas di Kabupaten Ciamis. Selain itu, untuk tokoh agama sendiri dihadiri oleh para perwakilan, mulai dari Gereja Kristen Indonesia, Gereja Katholik Ciamis, Majelis Konghucu Indonesia, serta tokoh budaya dari etnis Papua.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polres Ciamis. Turut hadir Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Kepala Kesbangpol Ciamis Drs. Wawan Ruhiyat, Rektor Unigal DR. Drs. H. Yat Rospia Brata, M.Si., dan Ketua FKUB Kabupaten Ciamis KH. Koko Komarudin.

Apel Kebangsaan ini dimulai dengan pembacaan deklarasi ikrar kebangsaan dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dalam rangka mendoakan crew KRI Nanggala-402.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., mengatakan, Apel Kebangsaan ini dilaksanakan daalm rangka menjaga keutuhan NKRI. Sebab Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.

"Sebagai Negara Besar dengan berbagai macam suku, ras dan agama, sehingga potensi perpecahan akibat berbagai upaya memecah belah bangsa dari berbagai pihak sangatlah besar. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan akan semakin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia," tandas Kapolres.

Adapun isi Deklarasi Ikrar Kebangsaan yaitu,

Atas bimbingan Allah SWT, Tuhan yang maha Esa, kami masyarakat Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, menyatakan kedaulatan tekad sebagai berikut : 

1. Siap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya Ideologi bangsa dan negara Indonesia. 

2. Siap menjaga Bendera Merah Putih sebagai Bendera Negara Indonesia. 

3. Siap menjaga dan mempertahankan amanat UUD 1945. 

4. Siap menjaga dan mempertahankan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. 

5. Siap menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. 

6. Menolak segala bentuk kelompok dan paham radikalisme. 

"Saya Indonesia, Saya Pancasila, NKRI Harga Mati, Merdeka... Merdeka... Merdeka...".

(Ayep,Aji/Moh Asep)

Tidak ada komentar