Breaking News

Pemdes Awiluar Melaksanakan Bimtek Pendataan Desa Berbasis SDGs Tim Pokja Relawan Pendataan Desa




Ciamis - patroli88investigasi.com_SDGs (Sustainable Development Goals) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Seperti hal nya Desa Awiluar, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Melaksanakan kegiatan Bimtek Pendataan Desa Berbasis SDGs Tim relawan pendataan desa, Rabu (07 April 2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kades Awiluar,Camat Lumbung(diwakili oleh Sekmat),BPD Awiluar,Bhabinkamtibmas,Babinsa,Kepala Dusun, dan Staf desa, serta dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh 25 orang yang di bagi menjadi 15 orang relawan pendataan dari unsur pemerintahan desa Awiluar,1 orang Kades Awiluar,dan 9 orang BPD desa Awiluar.

Kades Awiluar Momon Menyampaikan dalam Sambutannya yaitu Kepada warga masyarakat baru/pendatang diharapkan Setiap warga yang akan meminta data tidak boleh asal,karena di khawatirkan data tidak akan valid dan SDGs ini program desa untuk memajukan kesejahteraan ataupun kemajuan desa dan masyarakat.

"Saya harap dalam pelaksanaan SDGs ini kepada para pendata,ketika meminta data itu jangan asal-asalan,harus meminta data yang akurat,data yang benar,dan SDGs ini merupakan tolak ukur untuk kemajuan pembangunan Khususnya di Desa Awiluar,Kabupaten Ciamis, Umumnya di Negara Republik Indonesia," Kata Kades.

Selain itu Ketua BPD desa awiluar juga menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Bimtek SDGs tersebut bisa membantu dalam kemajuan desa awiluar kedepannya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang bisa hadir dalam acara bimtek SDGs ini,saya selaku ketua dan mewakili anggota BPD desa awiluar menginginkan seperti hal-nya yang disampaikan oleh Kades bahwa setiap dalam pendataan harus benar dan akurat,jangan sampai data yang akan di input nanti tidak valid,"Kata Ketua BPD desa Awiluar.

Tim Pokja Relawan pendataan desa menyampaikan tujuan dan Sasaran SDGs yaitu merujuk dari peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa Tahun 2021.

Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.

(Yeyep/Aji/Moh Asep)

Tidak ada komentar