Breaking News

KEGIATAN IKATAN GURU INDONESIA DAERAH PURBALINGGA DIMASA PANDEMI COVID-19


Purbalingga,Patroli88investigasi.com&Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Purbalingga, menggelar 4 jenis pelatihan yaitu pelatihan pembuatan media dan bahan ajar digital (Flipbook dan Microsoft Sway), penyusunan best praktis, penulisan fiksi dan non fiksi serta penulisan cerita anak. Ke-4 pelatihan ini sebagai rangkaian dari kegiatan Muswil II IGI Provinsi Jawa Tengah dan Seminar Nasional yang telah terselenggara sebelumnya (30/05).

Dalam sambutannya saat membuka acara diklat tersebut, Kadindikbud Kabupaten Purbalingga, Ir. Setyadi, M.Si, menyatakan surprise ternyata IGI Purbalingga berani melakukan kegiatan untuk menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu organisasi profesi  guru. Organisasi guru ini memiliki fungsi meningkatan profesionalitas anggota termasuk advokasi terhadap anggota. IGI diharapkan memberikan suntikan darah baru dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru, khususnya di Kabupaten Purbalingga. Harapan ke depan semoga peran IGI Purbalingga akan terus nampak dan terus berlanjut. 

Ummi Mukaromah selaku menyampaikan bahwa diklat penulisan fiksi dan non fiksi ini menyambut guru hebat yg ingin memiliki karya terbaik. Juga melaksanakan amanat Permenpan RB no. 16 tahun 2009. Di mana guru dituntut memenuhi kompetensi guru lebih baik dan secara nyata melalui kegiatan PKB (Pengembangan diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inivatif). Diklat ini menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana ber-PKB yang baik. Sehingga setelah diklat ini selesai guru memiliki karya relevan dg peraturan, mudah Kenaikan Pangkat dan termotivasi untuk bisa mulia dengan karya nyata. 

Lebih lanjut, nara sumber menjelaskan bahwa dalam kegaitan penulisan karya non fikisi ini, peserta dibimbing bisa membuat artikel ilmiah serta mengirimkan ke berbagai majalah atau jurnal. Sedangkan Agus Pribadi, selaku pembicara penulisan fiksi, menargetkan agar peserta bisa menulis cerpen dengan baik yang hasilnya akan dibukukan.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI Purbalingga ini diikuti oleh ratusan guru-guru yang berasal dari berbagai wilayah termasuk dari luar Jawa. Selain kedua nara sumber di atas, ke-4 kegiatan tersebut melibatkan nara sumbet seperti Tri Budi Santoso (MIE Expert /Guru SMK N 1 Purbalingga), Fajar Bahrun Najkhi (SMK N 1 Kutasari), Triawati Agusnila (Penulis Buku Best Practise, Guru Prestasi, Finalis Best Praktis Nasional), Mistina Hidayati (Gupres Banyumas, Pemrasan Terbaik Nasional), Nining Marityaningsih (Gupres 1 Nasional), Musriah (Penulis Buku, Gupres 1 Purbalingga), serta  Nokman Riyanto (Penulis Buku, Gupres 3 Jawa Tengah).

Ketua IGI Purbalingga, Arsyad Riyadi, menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh IGI ini akan terus berlanjut pada sesi berikutnya setelah peserta menyelesaikan produk yang ditargetkan dalam pelatihan ini. Sehingga ke depan, IGI Purbalingga akan lebih memasyarakat dan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan profesionalitas guru. 

(Indra/Ari W)

Tidak ada komentar