Breaking News

Desa Sibubut Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon Gelar acara adat desa " IDER WILAYAH "



Cirebon,patroli88investigasi88.com_Masyarakat di sekitar  Desa Sibubut Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon masih menjaga tradisi dan kearifan lokal. Salah satunya, dengan gelaran upacara adat tahunan Ider wilayah yang akan dilaksanakan pada hari Jumat 09 April 2021

Kepala desa (Kuwu) Sibubut Abidin mengungkapkan upacara adat tersebut merupakan wujud rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah memberikan limpahan rezeki nya melalui sumber daya alam di sekitar wilayah desa Sibubut  "Upacara adat akan berlangsung sakral diiringi serta doa-doa,"  katanya, Jumat,09 April 2021.

Inti dari kegiatan tersebut yaitu sebagai ungkapan rasa syukur terhadap rezeki yang melimpah yang diberikan oleh Allah SWT dari berbagai sumber daya alam yang disediakan bagi manusia Dengan melestarikan budaya tersebut, diharapkan masyarakat dan juga pemerintah semakin sadar untuk menjaga kelestarian alam.

"Upacara ini terbuka untuk umum dan sudah dimulai kemarin sore ," katanya.

adapun kegiatan dalam acara IDER WILAYAH terbagi menjadi beberapa acara kegiatan diantaranya adalah Barikan doa bersama di blok blok, doa bersama di makbaroh, ider wilayah,lebar tanduran.

Upacara adat desa tradisional ini adalah kegiatan sosial yang melibatkan seluruh warga masyarakat, demi tercapainya keselamatan bersama. Manusia sebagai mahluk sosial memiliki kodrat untuk selalu bekerja sama. Hal ini merupakan dorongan dasar dalam dirinya, demi untuk mempertahankan dan melestarikan hidupnya.

Kerja sama ini diwujudkan dalam hubungan sesama manusia di lingkungannya, baik secara langsung atau tidak langsung.ungkap Kuwu Abidin menjelaskan kepada awak media ini saat memberikan keterangan di balai desa Sibubut Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. (Agus)

Tidak ada komentar