Breaking News

Babinsa Bujuk Pedagang Pasar Vaksin




PURBALINGGA patroli88investigasi.com – Program vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan prioritas utama tenaga kesehatan maupun prioritas kedua tenaga pelayan publik telah dilaksanakan, kini memasuki tahap kedua masyarakat di daerah dengan risiko penularan tinggi dan masyarakat pelaku ekonomi  yang menjadi prioritas sasaran vaksinasi.

Tak terkecuali di Kabupaten Purbalingga, petugas vaksin dari Dinas Kesehatan maupun dari Puskesmas  menyasar beberapa pasar yang ada salah satunya Pasar Hartono yang ada di wilayah Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, dimana pedagang pasar, petugas pasar maupun keamanan pasar menjadi sasaran program vaksinasi ini, (29/4/2021).

Seperti diungkapkan dr. Hana Utami salah satu petugas dari Puskesmas Purbalingga, tahap vaksinasi kali ini sasarannya adalah masyarakat dengan risiko penularan tinggi seperti para pelaku ekonomi maupun pedagang pasar yang memang berisiko tinggi karena kerap berhubungan dengan banyak orang dari berbagai penjuru tempat.

"Pelaku ekonomi dan pedagang pasar termasuk petugas dan keamanan pasar menjadi prioritas vaksinasi ditahap ini," ungkapnya.

Disinggung kendala di lapangan yang dihadapi dr. Hana Menuturkan, masyarakat masih banyak yang takut dan ragu namun pihaknya dalam kesempatan seperti ini selalu menggandeng Babinsa untuk ikut persuasif membujuk dan sosialisasi kepada masyarakat  dalam pelaksanaannya.

"Kendalanya masyarakat masih banyak ragu dan takut, solusinya kami ajak Babinsa karena secara persuasif bila Babinsa yang mengajak masyarakat segan sehingga bersedia divaksin," tuturnya.

Di tempat yang sama Sertu Japrinurdin selaku Babinsa Koramil 01/Purbalingga yang turut dalam kegiatan ini menuturkan jika memang Babinsa dengan masyarakat sendiri khususnya seperti pedagang di Pasar Hartono dekat jadi tidak berkendala untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 ini aman.

"Komunikasi yang terjalin diantara kami Babinsa dengan masyarakat dekat sehingga memang lebih mudah untuk menyampaikan pesan pemerintah untuk turut menyukseskan program vaksin Covid-19 kepada masyarakat," tuturnya.

(Akbar /ari / moh asep )

Tidak ada komentar