Breaking News

Animo Masyarakat untuk BRT Trans Cirebon Cukup Tinggi, Rute AKDP Segera Diproses


Cirebon, patroli88investigasi.com  – Animo masyarakat terhadap Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon cukup tinggi, dapat dilihat di media sosial resmi milik Trans Cirebon di akun Instagram @brttranscirebon. 

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Cirebon, Dr. Panji Amiarsa, S.H., M.H. saat ditemui di satu kegiatan di Ruang Kanigaran Balai Kota Cirebon, Jumat, (30/04/2021).

“Untuk keterbukaan publik (terkait animo masyarakat), bisa dilihat melalui media sosial Instagram yang kami miliki, animo atau antusiasme bisa disampaikan melalui medsos tersebut,” ucap Panji.

Menurutnya, untuk tarif, sampai saat ini masih gratis sembari menunggu proses kebutuhan yang  bersifat administratif selesai. “Kita melihat ke depan ada evaluasi-evaluasi bagaimana antusiasme masyarakat kedepannya,” ungkap Panji.

Pihaknya saat ini terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon guna koridor yang akan melintasi wilayah kabupaten atau Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). “Untuk AKDP prosesnya akan dilakukan pekan depan, pekan ini masih lanjutan dari dua pekan sebelumnya, yakni rute masih dalam kota,” jelasnya.

Evaluasi yang dilakukan, lanjut Panji, menyangkut keseluruhan, mulai dari halte sampai pembenahan dan penetapan pool (garasi bus). “Semua akan ditentukan dalam pekan ini,” kata Panji.

Skema tarif pasca gratis nanti, menurut Panji, sedang dibahas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon. “Halte juga, ketika nanti komunikasi dengan Pemda Kabupaten Cirebon mulai berjalan, hal-hal terkait rute AKDP termasuk haltenya pun dipersiapkan,” ungkapnya

Sementara, Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, tarif BRT Trans Cirebon gratis diperpanjang dan terkait trayek sampai sekarang masih di dalam kota saja. “Izin trayek dalam bentuk fisik untuk AKDP belum kami dapatkan,” ungkap Andi.

BRT Trans Cirebon, menjadi pilihan transportasi baru warga Cirebon (Kota dan Kabupaten Cirebon). Bus ini mulai resmi beroperasi usai diresmikan oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati pada Senin (12/4/2021) lalu.

Sejak itu, Trans Cirebon melayani warga yang ingin merasakan naik kendaraan umum modern tersebut. Dapat disebut modern karena bus ini dilengkapi fasilitas terkini, seperti Wi-Fi gratis dan kamera pemantau (CCTV) serta full AC. (Rio)

Tidak ada komentar